jasa-pengiriman-ekspedisi

Keutamaan Puasa Sunnah Bulan Dzulhijjah

Foto: Muslim.or.id

KAWUNGLARANG.COM - Jelang Idul Adha, tepatnya pada 10 Dzulhijjah, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan puasa. Salah satunya  puasa Arafah, yaitu puasa bagi selain orang yang berhaji.

Puasa Arafah termasuk salah satu puasa sunnah yang sangat dianjurkan. Puasa sunnah Arafah dilaksanakan ketika jemaah haji sedang melaksanakan wuquf di Arafah.

Puasa ini sangat dianjurkan bagi mereka yang tidak sedang menunaikan ibadah haji. Puasa Arafah memiliki keutamaan begitu besar, sehingga para ulama memasukkan puasa Arafah ini ke dalam puasa sunnah yang sangat dianjurkan (muakkad).

Pada hari-hari menjelang Hari Arafah, umat muslim di seluruh dunia melaksanakan Shaum (puasa) Arafah bersama-sama menjelang perayaan Hari Raya Iedul Adha atau Hari Raya Qurban.

Rasulullah SAW bersabda dalam riwayat Muslim:

“Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun yang telah lalu dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapus dosa setahun yang lalu,” (HR Muslim).

Selain puasa Arafah, umat Islam juga dianjukan untuk berpuasa pada 8 Dzulhijjah yaitu puasa sunnah tarwiyah.

Hal itu didasari oleh sebuah hadits yang menyebutkan keutamaan puasa sunnah tarwiyah:

“Puasa hari Tarwiyah dapat menghapus dosa setahun. Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun,” (HR Abus Syekh Al-Ishfahani dan Ibnun Najar).

Dalam kalender Masehi, tahun ini puasa Arafah bertepatan pada Senin, 19 Juli 2021, sehari jelang Idul Adha yang jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021.***



Editor: denkur | Sumber: galamedianews.com

Related

wisata (K-L) 8931370670866575901
jasa-ekspedisi
Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Random News


HOT INFO

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item