Polisi Terbitkan E-Tilang Untuk Optimalkan Pelayanan

PotretKawungLarang-PKL- Korps Lalu Lintas Kepolisian Polri (Koorlantas Polri) launching elektronik tilang atau E-tilang, Jumat (16/12/2016).

Tujuan diterbitkannya e-tilang untuk memberikan pelayanan optimal bagi masyarakat khususnya aspek keselamatan, pungli, keterbukaan, dll



Kabidbin GakkumKorlantas Polri, Kombes Pol Dr Chryshnanda DL mengatakan, "Pelayanan cepat tepat akurat akuntabel transparan dan informatif mudah di akses dalam proses. Inilah bagaimana kita meningkatkan kualitas, keselamatan, menurunkan korban kecelakan. Karena semua sistem ini akan berkaitan. Pada SIM online akan berkaitan pada sistem pendataan," ujarnya di Samsat Daan Mogot Jakarta.

Dengan demikian, lanjutnya, e-tilang adalah suatu proses atau penindakkan yang akan di lakukan oleh pihak kepolisian, apabila ada masyarakat  melanggar lalu lintas. Sebab, menurutnya lalu lintas di jalan raya merupakan urat nadi bagi kehidupan masyarakat.

Chryshnanda juga memaparkan, bahwa pada prinsip pelaksanaannya e-tilang tidak berbeda jauh dengan tilang biasanya. Para pelanggar dapat menitip denda tersebut kepada bank-bank yang telah bekerja sama dengan pihak kepolisian dan tanpa mengikuti jalannya proses persidangan.

Program inisiatif Kepolisian ini juga tetap didukung solusi manual. Sebab, apabila sistem mengalami masalah, maka sistem manual akan diterapkan."Polisi mempunyai solusi manual, yaitu dengan diberikan slip biru kepada pelanggar, boleh menitipkan denda di bank tanpa hadir di sidang pengadilan," tutur Chryshnanda. (ef/dbs/PKL).
Konsultan HRD

Related

nasional 6391832378625382798

Posting Komentar

emo-but-icon

Random News

AD BANNER

HOT INFO

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item