Peluang Tanam Pohon Albasia, Minimal Jutawan, Maksimal Jadi Milyader

Potret KawungLarang(PKL) -Peluang Tanam Pohon Albasia, Minimal Jutawan, Maksimal Jadi Milyader. Rancah, Tanam Pohon Albasia, Minimal Jutawan, Maksimal Milyader. Jika kita memiliki lahan yang luas, tidak salah bila memilih untuk menanam pohon Albasia(Albu/Sengon),

Pohon ini adalah sejenis pohon anggota suku Fabaceae. Pohon peneduh dan penghasil kayu ini tersebar secara alami di India, Asia Tenggara, Cina selatan, dan Indonesia. Sengon dijumpai secara alami di hutan luruh daun campuran di wilayah lembab dan ugahari, dengan curah hujan antara 1.000–5.000 mm pertahun. Pohon ini didapati pula di hutan-hutan sekunder, di sepanjang tepian sungai, dan di sabana, hingga ketinggian 1.800 m dpl.

Pohon Alba, wilayah cibangkong Kawunglarang Ciamis
untuk Wilayah Jawa Barat khususnya didaerah KawungLarang Rancah Ciamis Desa Cibangkong termasuk tumbuh subur, rata - rata hamparan tanah luas, di penuhi dengan pohon Albu ini.

Untuk memiliki Bibit pohon albu bisa dimulai dengan menanam biji albu, Buatlah lubang tanam dengan ukuran 40cm x 40cm dengan kedalaman sekitar 40-50cm. Isi lubang dengan pupuk kandang sampai 1/2 bagian terisi. Buat lubang yang sama dengan jarak 3-4 meter antar lubang, dengan kata lain bahwa ukuran penanaman sengon adalah 3 x 3 meter. Biarkan lubang selama 2-4 minggu sebelum ditanami.atau dengan alternatif menanam  biji albu dengan menggunakan Polybag atau Plastik yang diberi tanah, 

Bakal biji Pohon Albu
Bibit sengon yang telah mencapai ketinggian 40cm -50cm dapat dipindahkan ke lubang tanam yang telah disiapkan. Buka pelastik polybag secara perlahan, dan masukkan bibit sengon ke lubang tanam. Lakukan penutupan lubang dengan tanah yang ada disekitar lubang. Penanaman sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan, agar tidak repot untuk melakukan penyiraman.

Bibit Pohon Albu
Nah untuk pemeliharaannya tidaklah terlalu rumit cukup lakukan penyiangan rumput yang ada di sekitar tanaman sengon. Lakukan penyulaman pada tanaman sengon yang mati, dan buatlah patok anjir untuk menahan pohon sengon muda agar tidak patah saat tertiup angin kencang. Untuk menghasilkan pohon sengon yang baik, sebaiknya lakukan pemangkasan cabang-cabang yang terlalu banyak agar pohon sengon tumbuh tinggi.

Batang Kayu Alba
Pohon Kayu Albasia ini banyak digunakan untuk keperluan bangun rumah dan pabrik kertas, makin besar diameter kayu ini makin mahal pula harganya, untuk pohon yang berumur sekitar 5 sampai 7 tahun berdiameter 25cm kisaran Rp.350 - 700 Ribuan,  Seiring dengan makin banyaknya manfaat dan kegunaan kayu sengon atau albasia di dalam perindustrian kayu, harga log kayu albasia selalu berubah.

Apa salahnya jika kita memiliki lahan yang luas untuk mencoba menanam pohon Alba ini, misalkan kita memiliki 2000 pohon, ambil rata-rata harga perpohon Rp.1Juta, untuk 10 tahun kedepan  2000XRp.1000.000 = 2 Milyar ?  jadideh anda milyader. hehe..

Untuk kualitas Pohon albu yang bagus adalah memiliki batang yang lurus dengan diameter yang besar, Menanamlah sewaktu kita masih muda, supaya jika nanti panen anda bisa menikmati hasilnya. (PKL)





Konsultan HRD

Related

Info (K-L) 6568338411254199997

Posting Komentar

emo-but-icon

Random News

AD BANNER

HOT INFO

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item