jasa-pengiriman-ekspedisi

Tragedi Garut, Jurnalis Filantropi Indonesia (JFI) Berkolaborasi dengan elemen - elemen kemanusiaan di Garut

PotretKawungLarang(PKL)-Garut. Tragedi Garut, Jurnalis Filantropi Indonesia (JFI) Berkolaborasi dengan elemen - elemen kemanusiaan di Garut.  Tragedi kemanusiaan berupa bencana alam yang menimpa masyarakat Garut - Jawa Barat menjadi keprihatian semua masyarakat di penjuru negeri ini. Terlebih bencana ini telah menewaskan 30 orang  lebih, dan menyebabkan hancurnya rumah penduduk dan rusaknya fasilitas pelayanan umum sehingga aktifitas ekonomi masyarakat Garut menjadi lumpuh.

Terkait dengan tragedi ini, Jurnalis Filantropi Indonesia (JFI) yang berkolaborasi dengan elemen - elemen kemanusiaan di Garut - Jawa Barat, mengajak kepada seluruh anak bangsa di negeri ini untuk membangun sinergi dalam agenda kemanusiaan bersama masyarakat Garut.


Irawan Djoko Nugroho, Sekretaris Jendral JFI dalam keterangan rilisnya, kepada PKL(PotretKawungLarang) Senin (26/9) mengatakan, terjadinya tragedi kemanusiaan yang ada di Garut tidak lepas dari rusaknya alam karena tidak ada keseimbangan dalam melestarikan lingkungan selama ini, serta eksploitasi alam yang tak terkendali. Untuk itu, JFI meminta kepada pemerintah untuk memiliki tanggap darurat nasional terhadap daerah - daerah yang rawan bencana. "Jangan sampai sensitif itu muncul ketika bencana terjadi dan korban berjatuhan," terangnya.

Menurut kajian JFI, Indonesia merupakan daerah rawan bencana alam baik gunung berapi, kebakaran hutan, tanah longsor, banjir dan abrasi. Melihat besarnya bencana tersebut yang sulit diprediksikan kapan terjadinya, maka perlu sebuah grand strategi pembangunan tanggap kebencanaan yang melibatkan para stakeholder sehingga masyarakat mampu cepat bersikap jika ada bencana alam.

Irawan juga mengapresiasi--apa yang telah dilakukan oleh tim SAR, TNI, Polri dan lembaga lembaga filantropi  yang dengan cepat untuk membantu bencana kemanusiaan di Garut. Namun demikian, terasa masih minim karena kurangnya dukungan alat - alat berat yang bisa digunakan untuk membantu pencarian korban. "Untuk itu kami mendesak kepada pemerintah pusat untuk lebih banyak mengirimkan peralatan alat berat dan sekaligus untuk membantu rehabilitasi di Garut," terangnya.

Untuk terus mensinergikan program kemanusiaan di Garut, JFI akan terus melakukan monitoring perkembangan tragedi kemanusiaan dan berharap Garut bisa pulih dan masyarakat bisa beraktifitas lagi.(PKL)

Related

Info (K-L) 1046190223224961046
jasa-ekspedisi
Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Random News


HOT INFO

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item