Membuat Air Jahe Ala PKL

Potret Kawung Larang (PKL)- Membuat Air Jahe Ala PKL. Kali ini admint ingin berbagi tips bagaimana cara membuat air jahe buatan sendiri/ Ala (Potret Kawung Larang)

Air  wedang jahe terkadang dibutuhkan ketika kita sedang terkena masuk angin, atau cocok sekali  diminum ketika hawa dingin ketika turun hujan, adapun yang sangat penting manfaatnya adalah untuk pelega pernafasan, bahkan jahe untuk mengobati nyeri dada, pinggang atau pun untuk mengobati sakit perut dan masih banyak lagi manfaat yang lain.


Nah.. ga perlu panjang lebar, mulai aja yu, kita membuat jahe sendiri dirumah, dari pada membeli jahe di luar dengan harga Rp.5000 pergelas dengan membuat air jahe sendiri dengan uang Rp5000 rupiah kita bisa banyak menghemat dengan membuat setengah panci yang jika diminum sendiri sampai besok pun masih bisa sisa untuk di minum.

Persiapkan

3 lembar/biji batang jahe
Siapkan jahe 3 lembar, jika punya kebun  bisa kita mengambilnya dikebun atau pekarangan rumah, atau dengan membeli diwarung dengan Rp 5000 akan mendapat 3 buah jahe.
2 batang sereh
Siapkan pula batang daun sereh berguna sebagai pengharum pada air jahe, selain itu pada daun sereh juga banyak manfaat untuk kesehatan.

Gula merah
-Gula merah, digunakan secukupnya.

-Sedikit garam untuk menambah rasa pada air jahe
Cara membuatnya 

jahe kita kupas kulitnya hingga bersih lalu dicuci

stetelah itu kita siapkan kayu untuk memanggang (dibakar) jahe dengan menggunakan Hawu, kayu bakar atau kl tidak ada hawu dirumah bisa menggunakan api dengan kompor gas, tapi rada boros, karna harga Gas sekarang sedang mahal.

jahe dibakar terlebih dahulu
ditumbuk biar terasa wangi jahe

setelah dibakar jahe perlu di Geprek atau ditumbuk biar gepeng, dimaksudkan agar aroma jahenya keluar lebih menyengat.

Setelah itu siapkan panci dengan diisi air lalu panaskan, sekaligus simpan jahe dan batang daun sere kedalam panci,


Setelah terlihat mulai mendidih masukan gula merah sambil diaduk merata agar gula mencair, bisa juga anda tambah sedikit garam dapur se-sendok teh biarkan hingga air dalam panci mendidih.

diaduk hingga gula merah mencair
gunakan saringan sebelum dituang ke gelas
Jika sudah mendidih Air jahe dituang digelas dengan menggunakan saringan gelas, agar air jahe tetap bersih

Air wedang Jahe siap dinikmati selagi hangat
Inilah hasilnya, air jahe buatan sendiri lebih segar, terasa gurih dan hangat. lebih mantap rasanya bila ditambah dengan susu putih, selamat mencoba' (PKL)
Konsultan HRD

Related

Info (K-L) 1818380511551721338

Posting Komentar

emo-but-icon

Random News

AD BANNER

HOT INFO

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item