jasa-pengiriman-ekspedisi

Kenapa seseorang bisa mengalami sakit pinggang?

PotretKawungLarang - Berikut ini adalah Health Update terbaru dari Hello Sehat dengan judul Berbagai Obat Sakit Pinggang, dari Obat Resep Hingga yang Alami. Jika berkenan, silakan dipublikasikan di media Anda. Bila Anda membutuhkan informasi tambahan, silakan menghubungi saya melalui email ini atau melalui Editor in Chief Hello Sehat, Lika Aprilia, di email lika@hellosehat.com.

Berbagai Obat Sakit Pinggang, dari Obat Resep Hingga yang Alami
Sakit pinggang adalah penyakit yang sering dialami banyak orang. Bahkan, hampir semua orang pernah mengalami sakit pinggang sekali seumur hidupnya. Tergantung penyebabnya, rasa sakit yang ditimbulkan dapat berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang ringan dan berlangsung sebentar, ada pula yang parah hingga menghambat aktivitas sehari-hari. Dengan mengetahui obat sakit pinggang alami maupun dengan resep dokter, Anda dapat meringankan serta mengendalikan gejala yang ada.


Kenapa seseorang bisa mengalami sakit pinggang?
Ada banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit pinggang. Namun penyebab sakit pinggang yang sering terjadi adalah karena otot atau ligamen terkilir akibat meregang berlebihan.

Kondisi ini biasanya disebabkan karena Anda mengangkat benda berat dengan posisi tubuh yang tidak tepat, memutar tubuh, punya postur tubuh yang buruk dan tak diatasi, hingga cedera olahraga. Otot yang terkilir dapat terjadi secara tiba-tiba atau dapat berkembang secara perlahan karena gerakan yang berulang.

Selain itu, kelainan bawaan pada tulang belakang serta kondisi medis tertentu seperti saraf kejepit, radang sendi panggul, osteoporosis, stenosis tulang belakang, spondilolistesis serta obesitas juga bisa jadi penyebab sakit pinggang.

Jika Anda mengalami sakit pinggang yang diakibatkan karena cedera ketika kecelakaan kendaraan, olahraga, ataupun jatuh dari ketinggian, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan obat sakit pinggang yang sesuai dengan kondisi Anda.
Obat sakit pinggang dengan resep dokter
Dokter Anda bisanya akan meresepkan obat sakit pinggang bersamaan dengan terapi fisik atau perawatan lain. Berbagai pengobatan ini umumnya hanya untuk mengurangi rasa sakit, bukan menghilangkan sumber nyeri yang mendasarinya. Berikut ini beberapa obat sakit pinggang yang sering diresepkan dokter:

1. Obat pereda nyeri
Obat-obatan NSAID, seperti ibuprofen atau natrium naproksen dapat meredakan nyeri pinggang akut. Beberapa obat-obatan pereda nyeri dapat Anda temukan dengan mudah di toko obat tanpa resep dokter. Namun, pastikan Anda mengonsumsinya sesuai dengan petunjuk yang ada di kemasan.

Menggunakan obat pereda nyeri secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping yang serius. Jika obat pereda nyeri tanpa resep tidak juga menghilangkan rasa sakit Anda, dokter mungkin akan memberikan obat pereda resep dengan dosis yang lebih tinggi.

2. Penghilang rasa sakit topikal
Jika sakit pinggang Anda tergolong ringan, menggunakan obat penghilang rasa sakit topikal mungkin bisa membantu. Anda dapat menempelkan koyo atau mengoleskan salep pada daerah yang terasa nyeri.

Obat penghilang rasa sakit jenis ini bisa dengan mudah Anda temukan di warung atau toko obat tanpa menggunakan resep dokter.
3. Relaksan otot
Dokter juga mungkin akan meresepkan relaksan otot sebagai obat sakit pinggang jika kondisi Anda tidak membaik. Relaksan otot biasanya digunakan dalam kombinasi dengan obat lain untuk sakit punggung yang berhubungan dengan kejang otot.

Obat ini bekerja terpusat pada ota untuk memberitahu otak Anda agar mengendurkan otot-otot yang kaku. Beberapa obat relaksan otot yang umum termasuk baclofen, cyclobenzaprine(Flexeril ®), carisoprodol (Soma®) dan eperison (Myonal ®).

Sayangnya, obat relaksan otot dapat membuat Anda pusing dan mengantuk. Jadi, pastikan Anda tidak berkendara atau menjalankan aktivitas lain yang membutuhkan konsentrasi tinggi setelah mengonsumsi obat ini.

4. Antidepresan
Antidepresan biasanya digunakan untuk mengobati depresi. Meski begitu, obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati sakit dengan mengubah senyawa kimia dalam otak, khususnya serotonin dan norepinefrin.

Senyawa kimia otak ini telah terbukti mempengaruhi reseptor nyeri serta reseptor mood. Orang dengan kondisi nyeri kronis yang tidak merespon pengobatan lain dapat menggunakan obat ini untuk mengontrol rasa sakit.

5. Suntik kortison
Jika berbagai obat sakit pinggang yang sudah disebutkan di atas tidak juga membuat kondisi Anda membaik, dokter mungkin akan melakukan suntik kortison di sekitar sumsum tulang belakang Anda. Suntik kortison membantu mengurangi peradangan sementara di sekitar akar saraf.

6. Opioid
Opioid penghilang rasa sakit lebih kuat yang umumnya digunakan untuk nyeri yang lebih parah. Obat ini memerlukan resep dari dokter dan pemantauan berkala.

Opoid bekerja dengan menghalangi reseptor rasa sakit di otak. Hal ini juga dapat mempengaruhi detak jantung dan pernafasan. Beberapa contoh opioid antara lain morfin, fentanyl, oksikodon, dan kodein.

Ketergantungan obat dapat berkembang jika Anda mengambil opioid secara teratur selama jangka waktu yang panjang. Oleh sebab itu, bicaralah dengan dokter Anda tentang bagaimana Anda dapat mencegah hal ini.

Obat tradisional sakit pinggang yang ada di dapur rumah Anda
Obat-obatan farmasi mungkin bukan satu-satunya jalan untuk menghilangkan rasa sakit. Pasalnya ada beberapa pilihan obat sakit pinggang herbal yang mungkin dapat membantu meringankan kondisi Anda.

Namun penting untuk berhati-hati, karena penelitian tentang obat sakit pinggang herbal masih terbatas, maka selalu konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum Anda mengonsumsi obat sakit pinggang herbal.

Berikut adalah beberapa obat tradisional sakit pinggang yang sering digunakan untuk menghilangkan rasa sakit:
1. Capsaicin
Capsaicin adalah senyawa yang terkandung dalam cabai atau bumbu dapur lainnya yang memiliki cita rasa pedas. Senyawa ini bekerja dengan mengurangi zat alami tertentu dalam tubuh Anda (substansi P) yang membantu meloloskan sinyal rasa sakit ke otak.

Dalam dunia medis, capsaicin dapat dimanfatkan sebagai zat aktif yang digunakan untuk membantu mengobati sakit ringan dan nyeri otot/sendi, misalnya arthritis, sakit punggung, atau keseleo. Obat ini juga dapat digunakan sebagai obat tradisonal sakit pinggang dan nyeri saraf.

2. Jahe
Meskipun studi lebih lanjut diperlukan, namun penelitian terbaru menyebutkan jika ekstrak jahe dapat membantu mengatasi nyeri sendi dan otot karena mengandung phytochemical. Phytochemical sendiri adalah senyawa yang membantu menghentikan peradangan, sehingga dapat dijadikan obat tradisional sakit pinggang.

Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa pasien yang secara teratur diberikan jahe mengalami perbaikan yang signifikan dalam rasa sakit, bengkak, dan rasa kaku.

3. Feverfew
Feverfew telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati sakit kepala, sakit perut, dan sakit gigi. Namun ternyata, obat herbal satu ini juga digunakan untuk migrain dan arthritis. Meski begitu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi apakah feverfew sebenarnya efektif atau tidak sebagai obat tradisional sakit pinggang.

4. Kunyit
Tidak seperti jenis tumbuhan lainnya, National Center for Complementary and Alternative Medicine telah menemukan bahwa kunyit dapat bekerja terbaik dalam memerangi nyeri sendi ketika diambil secara efektif.

Kandungan kurkumin dalam kunyit dipercaya sebagai antiperadangan yang baik untuk mengurangi nyeri sendi. Penggunaan kunyit dengan dosis tinggi atau penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Itu sebabnya, konsultasi ke ahli herbal atau dokter Anda sebelum menggunakan kunyit sebagai obat tradisional sakit pinggang.

Berbagai pilihan obat sakit pinggang lainnya yang dapat Anda coba
Selain berbagai pilihan obat tradisional sakit pinggang di atas, sakit pinggang ringan dapat membaik dengan obat sakit pinggang alami. Berikut ini beberapa obat sakit pinggang alami yang dapat Anda coba:
1. Kompres dingin atau panas
Jangan meremehkan kompres dingin atau panas sebagai obat sakit pinggang herbal. Pasalnya, cara ini efektif untuk membantu proses penyembuhan sakit pinggang.

Dilansir dari WebMD, E. Anne Reicherter, PhD, PT, DPT, seorang profesor di University of Maryland School of Medicine mengatakan bahwa pemberian kompres dingin selama 24-48 jam (1-2 hari) hari setelah cedera dapat mengurangi peradangan. Setelah 48 jam, Anda dapat beralih ke kompres panas jika Anda menyukainya.

Baik itu kompres panas ataupun dingin, penting untuk memberikan jeda setidaknya 20 menit supaya kulit Anda dapat beristirahat. Jika setelah melakukan kompres nyeri masih berlanjut, segera konsultasi ke dokter.

2. Berendam air hangat
Saat Anda berendam air hangat, saraf dan otot yang menegang akan mengendur sehingga membuat Anda jadi lebih rileks. Tidak hanya itu, berendam air hangat juga dapat melancarkan sirkulasi darah dan merangsang produksi hormon dopamin untuk melawan stres dalam tubuh. Itu sebabnya, berendam air hangat dapat menjadi obat sakit pinggang herbal.

Untuk obat tradisional sakit pinggang, mandi 2-3 jam sebelum tidur bisa jadi pilihan terbaik. Pertimbangkan menggunakan bantal mandi untuk menyangga punggung dan pinggang Anda saat berendam air hangat.

3. Aktif bergerak
Jika memang memungkinkan, orang dengan sakit pinggang dianjurkan untuk banyak bergerak dibandingkan hanya tidur-tiduran saja. Ya, aktif bergerak sebenarnya obat tradisional sakit pinggang yang paling mudah Anda lakukan.

Tidak perlu melakukan gerakan yang berat dan ekstrem, cukup jalan kaki santai akan membantu mengurangi sakit pinggang yang Anda rasakan. Jika keadaan Anda sudah lebih baik, rutinlah melakukan latihan aerobik, berenang, bersepeda, atau sekadar berjalan kaki di taman.

Kunci obat sakit pinggang alami pada dasarnya hanya berusaha untuk bergerak setiap hari. Hentikan segara aktivitas yang dapat meningkatkan rasa sakit, namun jangan hindari berbagai aktivitas karena Anda takut sakit.

4. Pakai sepatu hak rendah
Selama sakit pinggang, hindari menggunakan sepatu hak tinggi untuk beraktivitas. Gantilah sepatu hak tinggi Anda dengan sepatu datar atau hak rendah (kurang dari 3 cm).

Ini karena sepatu hak tinggi akan membuat postur tubuh Anda jadi tidak stabil sekaligus meningkatkan tekanan pada pinggang Anda. Itu sebabnya, jangan remehkankah cara ini sebagai obat sakit pinggang alami.

5. Lakukan peregangan
Terlalu lama duduk dan menatap layar monitor dapat menyebabkan sakit pinggang. Itu sebabnya, jika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan duduk lama, lakukanlah peregangan ringan setiap 20 menit sekali. Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara bangun dari tempat duduk Anda dan berjalannya beberapa langkah.

Bila perlu, rancang ruang kerja sehingga Anda tidak perlu membungkuk terlalu lama saat melihat monitor. Gunakan kursi dan meja yang memberikan kenyamanan pada pinggang dan kaki Anda sehingga dapat membuat postur tubuh Anda tetap baik. Jadi mulai sekarang, sering-sering lakukan peregangan sebagai obat sakit punggung alami.

6. Ubah posisi tidur
Ketika Anda tidur, penting untuk menjaga lekukan alami tulang belakang dengan memastikan kepala, bahu, dan pinggul berada dalam keadaan yang selaras. Posisi tidur yang buruk bisa memberi tekanan pada bagian-bagian tersebut yang dapat memperparah rasa sakit pada bagian pinggang belakang. Oleh karena itu, penting bagi untuk memerhatikan posisi tidur sebagai obat tradisonal sakit pinggang yang tengah Anda alami. Lantas, posisi tidur seperti apa yang baik saat sakit pinggang?

Berbaring telentang dengan punggung lurus di atas kasur dianggap sebagai posisi tidur terbaik untuk sakit pinggang. Pasalnya, punggung berada dalam posisi lurus sehingga berat tubuh dapat tertopang dengan baik secara merata. Anda bisa menempatkan bantal kecil di bawah lutut sebagai penopang tambahan sehingga posisi tubuh dari kepala hingga kaki sejajar. Hal ini juga membantu tubuh untuk menjaga lekukan alami tulang belakang.

Selain itu, Anda bisa menggunakan posisi tidur menyamping dengan bantal atau guling diselipkan di antara kedua lutut. Bantal akan menjaga pinggul, panggul, dan tulang belakang Anda dalam posisi yang lebih baik. Jka Anda terbiasa tidur dengan memeluk guling atau bantal, Anda bisa tetap menggunakannya untuk membantu tidur lebih nyenyak dan menjaga punggung tetap sejajar.

Makanan yang tepat untuk obat sakit pinggang alami
Untuk memulihkan sakit pinggang dengan cepat, Anda butuh asupan nutrisi yang tepat. Sumber nutrisinya pun harus Anda pilih dengan bijak. Nah, berikut adalah daftar makanan yang bisa jadi obat sakit pinggang alami. 

1. Makanan tinggi protein
Daging ayam, kalkun, dan ikan mengandung protein yang tinggi. Begitu juga dengan daging sapi tanpa lemak, telur, dan kacang-kacangan. Makanan yang tinggi akan protein akan membantu proses pemulihan otot dan tulang Anda, sehingga sangat cocok dijadikan obat sakit pinggang herbal. 

Namun, kalau Anda punya kondisi kesehatan khusus seperti asam urat atau hipertensi, konsultasikan dulu dengan dokter Anda makanan sumber protein mana yang paling aman dikonsumsi sebagai obat sakit pinggang herbal. 

2. Buah dan sayur
Pilih buah dan sayur berwarna pekat atau terang, jangan yang pucat. Pasalnya, buah dan sayur yang kaya akan warna lebih cepat melawan peradangan pada otot-otot di punggung bawah dan pinggang. Jadi Anda bisa mengonsumsi wortel, buah bit, ubi, anggur, buah delima, dan semangka sebagai obat tradisional sakit pinggang. 

Selain itu, sayuran yang tinggi magnesium juga baik untuk melemaskan otot sehingga tidak terasa terlalu tegang. Pilihannya buah dan sayur untuk obat sakit pinggang herbal lainnya adalah bayam, alpukat, dan pisang.  

3. Makanan tinggi kalium
Kalium berkhasiat untuk mengurangi pembengkakan, misalnya pada bagian otot-otot pinggang. Makanan tinggi kalium yang bisa Anda konsumsi sebagai obat sakit pinggang alami di antaranya adalah pisang, tomat, kentang, dan yogurt.

4. Makanan tinggi asam lemak omega-3
Sejumlah penelitian telah membuktikan kalau asam lemak omega-3 manjur untuk mengobati peradangan otot. Ini karena asam lemak omega-3 mampu mengendalikan reaksi imun dalam tubuh.

Maka, untuk meradakan peradangan otot di bagian pinggang, tambah asupan asam lemak omega-3 Anda sehari-hari. Untuk obat sakit pinggang alami, Anda dapat memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 dari ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, telur, serta kacang kedelai. 

Related

Olah Raga 1463178233058170056
jasa-ekspedisi
Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Random News


HOT INFO

Hubungi kami

Nama

Email *

Pesan *

Jumlah Pengunjung

item